Mari Kenali Writer Block dan Apa Penyebabnya

Kenali Writer Block – Dalam dunia penulisan, atau saat anda menulis, pernahkah anda merasa buntu dan putus asa dalam melanjutkan karya tulis anda? Setelah itu merasa frustasi dan kurang percaya diri sampai pada akhirnya anda berhenti membuat karya tulis anda.

Ya bisa jadi anda terkena writer block. Apa itu writer block, bagi anda yang penasaran, kali ini kami akan sajikan kepada anda secara singkat kenali writer block dalam istilah penulisan, dan apa saja penyebab yang dapat mengakibatkan hal ini.

Apa itu Writer Block Dan Apa Saja Penyebabnya

Writer Block adalah kondisi dimana anda yang seorang penulis, lalu kemudian anda kehilangan minat dan tidak bisa mengemukakan ide yang ada dan sudah difikirkan untuk konsep tulisan anda. Biasanya gejalanya bisa ditemukan pada penulis dan gejalanya seperti frustasi, kehilangan antusias.

Apakah Writer Block Berbahaya?

Untuk kasusnya sendiri writer block tidak berbahaya, karena pada dasarnya terjadi pada sebagian besar penulis. Dan kebanyakan berhasil melewati fase ini dan bisa menulis lagi seperti biasa. Jadi bicara apakah writer block ini berbahaya? Tergantung dari penanganannya. Penanganan yang tepat akan membantu pemulihan penulis ini.

Apa Saja Penyebab Writer Block?

Menurut ahli writer block bukanlah suatu kondisi penyakit psikologis, karena pada dasarnya menulis adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan kognitif yang tinggi.  Sebenarnya apa saja penyebab dari writer block ini? Langsung saja bagi anda yang penasaran, dibawah ini sudah kami sajikan kepada anda beberapa penyebab yang dapat menimbulkan writer block ini.

  • Takut

Rasa takut adalah perasaan yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja, termasuk penulis. Penulis takut salah menilai karya yang mereka tulis. Takut tidak disukai, takut tidak ada yang membaca tulisannya, takut tulisannya tidak diterima penerbit, takut idenya tidak diterima, dan ketakutan lainnya. Perasaan takut ini juga menghalangi penulis untuk menulis atau menyelesaikan tulisannya.

  • Perfeksionis

Satu hal yang sering menjadi kendala bagi penulis dan kreator lainnya adalah perfeksionisme. Anda menetapkan standar terlalu tinggi untuk tulisan Anda sendiri. Perfeksionisme adalah bentuk perlindungan diri seorang penulis terhadap kritik dan kegagalan.

Anda memiliki keinginan untuk dapat menulis draf pertama yang sempurna. Draf pertama jarang sempurna, sebuah tulisan adalah hasil dari penulisan ulang yang berulang-ulang. Tidak apa-apa, Anda selalu dapat menghapus dan mengedit draf pertama Anda. Jadi tulis dulu, edit kemudian.

  • Tekanan Dari Luar

Selain tekanan dari diri sendiri, tekanan dari luar juga bisa menjadi penyebab writer\’s block Anda. Misalnya, Anda bekerja sebagai penulis, tekanan kerja juga bisa menjadi penyebab writer\’s block Anda. Atau tekanan dari pembaca juga dapat menghalangi penulis untuk menyelesaikan pekerjaannya.

  • Kritik Pada Diri Sendiri

Self-criticism sering dialami oleh mereka yang memiliki sifat perfeksionis. Kritik ini dapat berupa perbandingan antara tulisan sendiri dengan tulisan orang lain. Kemudian merasa tulisan orang lain lebih bagus, dan tulisan kita tidak.

Terlalu banyak perumpamaan dan kritik diri dapat menghambat proses penulisan sampai Anda akhirnya tidak menulis apa pun dalam bentuk kata-kata, gdocs, atau kertas.

Kesimpulan

Writer Block adalah salah satu hal yang mungkin harus dihindari apalagi anda adalah seorang penulis, karena dapat menghambat pekerjaan anda. Setelah kamu kenali writer block dan apa penyebabnya, harapnya kamu bisa lebih menghargai karyamu sendiri, tidak perlu takut dan tidak perlu mengkritik diri sendiri. Semoga informasi diatas dapat membantu anda, sekian terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja