Manfaat dari Menulis Tangan yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Dari Menulis Tangan – Coba kamu ingat, kapan terakhir kali kamu menulis tangan hingga satu halaman? Mungkin sudah lama jika kamu setiap hari didepan gadget dan terbiasa dengan mengetik dari pada menulis.

Ya kemajuan teknologi sudah membuat perubahan yang besar kepada kehidupan sehari-hari. Karena kebutuhan menulis sekarang sudah tergantikan dengan papan ketik di gadget kita, entah laptop, maupun smartphone. Memang praktis “menulis” dengan papan ketik, tapi kamu harus tahu apa manfaat dari menulis tangan yang jarang kamu ketahui.

Apa Manfaat Dari Menulis Tangan yang Jarang Diketahui

Banyak dari penulis yang menganggap menulis merupakan hal yang sulit, karena tidak semua orang mampu mengungkapkan perasaannya dalam bentuk tulisan. Meski hanya sedikit orang yang tahu bahwa menulis ternyata membawa banyak manfaat bagi otak.

Begini Manfaat Langsung Dari Menulis Tangan

Langsung saja bagi kamu yang penasaran, apa saja manfaat dari menulis tangan, dibawah ini adalah beberapa daftar yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Dapat Meningkatkan Memori

Apakah kamu sering menuliskan kegiatan atau daftar panjang dalam sebuah catatan agar tidak cepat lupa? Ternyata kurangnya daya ingat disebabkan oleh otak yang jarang berpikir, sehingga otak menjadi kurang terlatih.

Oleh karena itu, menulis dan berpikir membuat kinerja otak lebih aktif dan mampu meningkatkan ketajaman berpikir. Dengan otak yang aktif bekerja, itu memperkuat memori dan tidak menjadi pikun.

  • Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan

Banyak orang berpikir bahwa menulis itu sulit karena otak harus berimajinasi, sehingga sulit untuk mengungkapkan apa yang mereka pikirkan. Padahal, menulis itu mudah, sambil menulis pasti ada imajinasi yang akan membuat otak berpikir lebih cepat dari sebelumnya. Sedangkan antara otak kiri dan otak kanan bisa seimbang.

  • Tulisan Tangan Dapat Meningkatkan Kemampuan Dalam Belajar

Saat ini, orang lebih suka membuat catatan dan menuliskan sesuatu di ponsel atau laptop mereka karena lebih mudah dan lebih cepat. Tapi asal tahu saja, tulisan tangan bisa membuat kita lebih ingat saat pelajaran, lho.

Sebuah penelitian menemukan bahwa siswa yang sering membuat catatan dengan tangan memahami pelajaran lebih cepat daripada mereka yang mencatat melalui smartphone atau laptop.

  • Tingkatkan Kreativitas

Manfaat tulisan tangan selanjutnya untuk otak adalah dapat meningkatkan kreativitas. Jika kamu terbiasa menulis, otak kamu akan terbiasa berpikir untuk meningkatkan kreativitasnya. Dengan menulis secara otomatis, bahasa kamu akan baik, sehingga akan mudah untuk menemukan ide atau gagasan yang sesuai dengan versi pemikiran kamu sendiri.

  • Ekspresikan Perasaan

Dengan mengungkapkan apa yang ada dalam hati dan pikiran melalui tulisan dapat membuat otak menjadi rileks karena tidak ada beban lagi. Beberapa orang setuju bahwa menulis adalah cara ampuh untuk mengungkapkan perasaan tentang apa pun yang terjadi untuk mengurangi tekanan darah, stres, dan gejala depresi.

  • Menulis Bisa Membuat Jiwa Lebih Tenang

Manfaat terakhir adalah menenangkan jiwa kita. Saat kamu sedih, pikiranmu sesak, dan kamu merasa tertekan, tidak ada salahnya untuk mengungkapkan perasaanmu secara tertulis. Ini jelas lebih baik daripada meludah di media sosial. Selain bisa menenangkan jiwa, kamu juga bisa belajar mengendalikan emosi dengan lebih baik.

Itulah tadi beberapa manfaat dari menulis tangan yang perlu kamu ketahui, jadi jangan merasa ketinggalan jaman dengan metode menulis manual ini. Semoga informasi diatas dapat menjadi kunci bagi kamu yang menjadi sebagai penulis, dan tidak bisa lepas dari gadget kamu, selamat berkarya.

Tinggalkan komentar